Menariknya Restorasi Honda CB100

Share
CB100

Pada masanya CB100 merupakan kendaraan yang begitu primadona, saat ini CB100 sudah sulit kita jumpai.

Bentuk yang unik membuat saya tertarik dengan CB100, di rumah saya memiliki CB100 Tahun 1971 berwarna merah. Dengan umurnya yang sudah terbilang tua membuat CB100 menjadi lawas dan antik.

Waktu saya peroleh dahulu, secara fisik bentuk nya masih menyerupai aslinya, namun hanya saja warna cat bagian body dan part bawaan pabrikan sudah tergantikan. Wajar saja karena memang bagian komponen CB100 yang terbuat dari besi bakalan termakan karat.

Akhirnya saya berencana melakukan Restorasi di beberapa bagian CB100 milik saya. Dari mulai mesin hingga bagian cat saya perbaiki dan saya mengikuti kondisi aslinya.

Tidak mudah untuk melakukan Restorasi dari beberapa bagian di unit CB100, Sebab saya harus mencari referensi untuk mendapatkan gambaran bentuk dan rupa wujud aslinya bawaan pabrik dahulu.

Hal yang saya lakukan untuk mencari referensi mengenai CB100 yaitu dengan mendatangi acara pameran-pameran otomotif motor klasik di beberapa daerah dan juga melalui media internet, tidak jarang juga saya mendatangi beberapa kota di Indonesia yang masih banyak penggemar motor klasik CB100. Bandung & Yogyakarta merupakan kota dimana saya bisa mendapatkan spare part CB100 yang saya inginkan.

Selain itu untuk Restorasi Pewarnaan bagian body saya juga harus mencari warna yang pas dengan warna aslinya, saya di bantu oleh Catwarna Garage untuk menentukan warna cat yang cocok, sebab untuk di bagian pewarnaan saya tidak bisa sembarang asal pilih, sehingga saya mempercayai Catwarna Garage sebagai bengkel pengecatan CB100 milik saya.

Honda CB100 merupakan kendaraan yang banyak di gemari oleh anak muda hingga orang tua karena tampilan nya yang begitu menarik di pandang di zaman sekarang. Dengan transmisi 5 percepatan dan di bekali tenaga mesin 100 CC motor CB100 lumayan bertenaga dan irit bahan bakar.

Dari mulai Hoby dengan Komunitas hingga pemilik pribadi Honda CB100 tidak jarang mereka membuat motor antiknya di modifikasi menjadi Cafe Racer, Cooper hingga Scrambler, tergantung dari selera masing-masing pemiliknya. Namun bagi saya pribadi CB100 merupakan motor yang begitu antik, sehingga saya lebih senang membuat tampilan CB100 milik saya menjadi klasik berbeda dengan motor-motor saat ini.

Dengan kemunculanya Film Dilan 1990 yang digunakan Dilan untuk menjemput Milea membuat pamor Honda CB100 menjadi lebih di ketahui oleh masyarakat 😀

Demikian sharing Restorasi Honda CB100 milik saya, apabila kalian memiliki CB100 dan ingin sharing juga silahkan follow Instagam saya @ichwanessia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *