Bertemu Burung Elang Penghuni Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Share

Bogor secara geografis memiliki wilayah dataran pegunungan. Banyak pepohonan tumbuh subur membuat Bogor menjadi sejuk dan tenang. Selain itu Bogor menjadi destinasi wisata dengan pesona alam yang menawan, Banyak pilihan tempat wisata yang bisa kita kunjungi untuk menikmati keindahan alam. Jarak yang tidak cukup jauh dari Ibu Kota Jakarta menjadikan Bogor sebagai tujuan saat liburan.

www.ichwan.id

Suaka Elang, menjadi tujuan utama yang dikunjungi untuk menikmati keindahan alam yang ramah dan indah. Elang Jawa menjadi penghuni utama Suaka Elang Loji. Berlokasi di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor Kawasan Gunung Halimun Salak memiliki beberapa jenis Elang yang di tangkar untuk selanjutnya dilepas ke habitat aslinya.

Pihak Taman Nasional Gunung Halimun Salak ( TNGHS ) memiliki kandang besar yang di isi beberapa Elang Jawa.

www.ichwan.id
www.ichwan.id

Kandang diberi jaring berukuran yang luas dan diberi atap agar dapat melindungi burung Elang saat hujan turun.

Kandang dibuat menjadi tiga bagian, yang pertama merupakan kandang display, yang kedua kandang untuk rehabilitasi, yang ketiga kandang untuk pelepasan. Sekeliling kandang dibatasi dengan kawat berduri agar pengunjung tidak dapat mendekat dengan Elang tersebut karena dapat mebahayakan pengunjung dan Elang itu sendiri.

www.ichwan.id

Jembatan Gantung Suaka Elang menjadi tempat yang memiliki daya tarik karena Instagrammable untuk spot foto. Tidak jarang pengunjung rela antri untuk dapat bergantian berjalan diatas Jembatan Gantung.

www.ichwan.id

Pihak Taman Nasional Gunung Halimun Salak membatasi pengunjung naik ke atas jembatan agar kondisi jembatan tetap terawat dan tidak rusak, sebab jembatan gantung menggunakan tali baja dan diikat antara pohon besar yang melintang.

www.ichwan.id

Tidak hanya Penangkaran Elang dan Jembatan Gantung, disini kita juga bisa menikmati alam dengan bermalam menggunakan tenda untuk berkemah bersama.

www.ichwan.id

Dibawah pohon Pinus yang menjulang tinggi kita dapat mendirikan tenda di kawasan perkemahan yang sudah di sediakan. Untuk air bersih tidak perlu khawatir, karena disana juga terdapat tempat mengambil air dan kamar mandi umum yang air nya sejuk karena langsung dari mata air kaki gunung. Untuk tempat rumah ibadah seperti Mushola, juga tersedia disini.

www.ichwan.id

Tempat pembelian tiket masuk Kawasan Suaka Elang lokasinya berada di atas atau sudah dekat dengan jembatan gantung, bukan saat di parkiran kendaraan.

www/ichwan.id

Dalam perjalan kita harus melewati hutan di kelilingi pohon-pohon besar yang umurnya terbilang sudah tua.

Sebaiknya kita menggunakan alas kaki yang memang mendukung dengan track.

www.ichwan.id

Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang senang dengan hiking dan tracking.

Selain itu kita juga wajib membawa perbekalan yang cukup untuk dijadikan menu makan disana.

www.ichwan.id

Apabila kita membawa makanan ataupun minuman untuk selanjutnya bekas sisanya dibawa kembali agar tidak menjadi sampah.

Tiket masuk wisata Suaka Elang Loji tidak terlalu mahal, sangat cocok menjadi pilihan tamasya bersama keluarga ataupun pasangan. Dengan begitu kita mendapatkan manfaat yang tidak hanya memberikan hiburan saja, tetapi kita juga belajar mengenal alam untuk lebih mencintai makluk hidup.

www.ichwan.id

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *