Stone Garden, Bandung

Share

Stone Garden ? banyak sekali yang membicarakan tempat ini. Lokasi Stone Garden berada diwilayah Kabupaten Bandung, yaitu didaerah Padalarang Kabupaten Bandung. Berangkat dari Kota Bekasi menuju Padalarang saya mengunakan motor tua tahun 1971 yang saya miliki, berbekal bahan bakar yang terisi penuh dan air mineral untuk menjadi Amunisi melawan Dahaga dijalan. Perjalan saya tidak sendiri, saya bersama Rizal yang juga ingin sekali mengetahui Stone Garden.

Pagi hari, berangkat dari Bekasi melalui Cikarang – Purwakarta – Padalarang kita mulai menarik gas motor perlahan. Berbekal Aplikasi WAZE yang terinstall di handphone saya mulai mencari posisi Stone Garden, Padalarang. Lima jam perjalanan saya tiba di Padalarang, lokasi Stone Garden berada diwilayah Gunung Masigit, Bandung. Kalau kita melalui jalur Purwakarta – Padalarang sebelum sampai di Stasiun Padalarang kita berbelok kearah kanan, dan perempatan selanjutnya kita kembali berbelok ke kanan lalu tinggal lurus sampai ke gerbang masuk Stone Garden, posisi gerbang Stone Garden berada disebelah kanan. Dari pinggir jalan kita harus masuk kedalam perkampungan untuk sampai tiba di Stone Garden. Pemandangan dinding batu yang menarik perhatian kita untuk segera menghampirinya, sebelumnya kita diwajibkan untuk absen terlebih dahulu didekat loket pembelian tiket, biaya tiket yang musti kita bayar Rp. 5,500,- per-orangnya, sedangkan untuk parkir kendaraan Mobil Rp.3.000,- dan Motor Rp.2.000,- lumayan cukup murahkan ?

Selanjutkan kita bisa melanjukan berjalan kaki untuk bisa sampai ke Stone Garden, lokasi Stone Garden sendiri ada dibagian atas Gunung, jadi kita juga musti persiapkan Sepatu dan pakaian yang memang sesuai dengan kondisi medan perjalanan, dan jangan lupa kalau dalam perjalanan anda lelah, tidak ada salahnya berhenti sejenak untuk beristirahat, karena kita harus menaiki anak tangga dari tanah yang sudah dibuat sampai keatas bukit.

beberapa menit kita Tracking kita akan tiba dibagian atas bukit, dan juga akan melihat hamparan batu – batu besar yang menghiasi Stone Garden.

setelah sampai diatas bukit, kita akan merasakan keindahan batu – batu besar yang membuat penasan kita sebelumnya. Hijaunya rumput yang mengelilingi batu juga mempercantik Komplek Stone Garden. ditempat ini bisa dibilang cukup menarik untuk berfoto ria, banyak juga dari pengunjung yang datang bersama keluarga maupun teman tidak ketinggalan mengambil foto dari sisi batu. Dan jangan lupa jika membawa makanan kemasan jangan lupa membawanya turun kembali, atau bisa juga membuangnya ketempat sampah yang sudah disediakan.

“Dan Dia menancapkan gunung gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu. ” (QS an-Nahl : 15)