Explore Gunung Padang

Share

Mengulik tempat menarik di Indonesia memang tak ada habisnya. Berangkat dari Jakarta, saya berencana melakukan perjalanan menuju tempat menarik di wilayah Jawa Barat, tepatnya di wilayah Gunung Padang Cianjur. Dari Jakarta menuju Cianjur saya mengunakan Sepeda Motor yang melalui jalur Puncak Bogor. Berangkat pagi hari kami harus melalui Bogor – Puncak – Cipanas – Cianjur. Sampai di Cianjur kami tiba siang hari, cuaca saat itu hujan dan kami memutuskan untuk berhenti terlebih dahulu untuk beristirahat sambil mengisi bahan bakar kendaraan kami masing – masing.

Jika kita jalan melalui Puncak Bogor, kita bisa ambil ke arah kanan yang ke arah Sukabumi. Tidak jauh dari sana kita musti perhatikan pandangan ke sebelah kiri, karena posisi gerbang menuju Gunung Padang ada di sebelah kiri jalan.

Dari depan pintu masuk Gunung Padang menuju Situs Megalithic Gunung Padang lumayan cukup jauh, kita harus melawati jalanan naik turun bukit dengan jalan yang begitu menantang. Saat itu kondisi jalan lumayan becek, karena bertepatan dengan turun nya hujan deras di sekitar lereng Gunung Padang, dan ada baiknya pula kita kalian membawa Jas Hujan untuk antisipasi terjadinya turun hujan. perjalanan menuju Situs Megalitic kita bisa menyaksikan keindahan kiri dan kanan jalan. Dalam perjalanan warga sekitar sangat menyambut dengan kedatangan kita, mengingat kami baru pertama kali datang, kami mencoba bertanya kepada penduduk sekitar di sisi jalan dan mereka pun memberikan kami petunjuk arah jalan yang benar. Beberapa menit kami mengendarai sepeda motor di lereng Gunung Padang, akhirnya kami pun tiba di Situs Megalithic Gunung Padang.

Sampai di halaman pintu masuk Situs Gunung Padang ternyata sudah banyak pengunjung lain yang juga ingin menyaksikan Situs Gunung Padang juga. Untuk bisa sampai di teras Situs Megalithic Gunung padang kita harus menaiki anak tangga yang lumayan banyak jumlahnya, ada beberapa jalur tangga yang bisa kita tempuh.

Dari Situs Gunung Padang Bongkahan batu menjadi daya tarik utama, batuan – batuan tersebut sangat unik dan konon bongkahan batu – batuan di Situs Gunung Padang bisa mengeluarkan tangga nada jika di pukul.

Masih menjadi misteri mengenai asal terbentuknya Situs Megalithic Gunung Padang tersebut, banyak Arkeologi yang mendatangi tempat ini untuk mengulik history yang terjadi. Ini adalah Asset Indonesia yang harus di pertahankan, jadi apabila kita berkunjung kesana patuhilah larangan yang tersedia disana.