Ulun Danu Beratan, Bali

Share

Pulau Dewata Bali menjadi salah satu tempat menarik yang terkenal di Indonesia dan di Mancanegara. Dengan kebudayaan dan wisata alam yang menarik membuat kita akan penasaran dengan Palau Bali. Pantai menjadi salah satu objek wisata primadona dan mempesona dikala kita datang ke Bali. Banyak wisatawan mancanegara yang sudah mengakui keindahan Bali, beberapa turis asing yang datang sangat menikmati Bali. Namun tidak hanya pantainya saja yang terkenal di Bali, daerah – daerah lainya di Bali juga begitu menarik untuk kita kunjungi. Pada perjalanan kali ini saya akan menuju salah satu tempat yang juga begitu menarik untuk dikunjungi di Bali. Yaitu, Bedugul. Daerah ini terletak di Kabupaten Tabanan, Bali. wilayah ini bisa dibilang dataran tinggi, jadi lumayan cukup sejuk pastinya.

Pagi Hari, berangkat dari Kuta, Bali saya bersama teman – teman saya yang tinggal di Bali kita berkumpul bersama, beberapa perbekalan seperti Air Mineral, Snack dan Jas Hujan kita persiapkan untuk menunjang sewaktu diperjalanan nanti.

Saya bersama, Yosa, Trio dan Sahrul akhirnya berangkat menuju Bedugul, dalam perjalanan kali ini memang cuaca agak sedikit kurang bersahabat buat kami, karena baru beberapa waktu perjalanan rintik hujan turun membasahi kami, dan akhirnya kami berhenti sejenak untuk mengenakan Jas Hujan yang kami sudah siapkan. Hujan yang turun membuat kami semakin semangat dalam perjalanan, walaupun suhu udara cukup lumayan dingin dan jalanan agak sedikit licin, saya dan bersama tiga teman saya lainya tetap menerjang jalan.

Dua jam perjalanan dari Kuta, saya pun akhirnya tiba Danau Bratan, tempat ini memiliki daya tarik unik tersendiri, ada sebuah tempat peribadatan Pura yang letaknya diatas tepian Danau, yang biasanya warga sekitar menyebutnya Pura Ulun Danu Bratan.

Kalau kita perhatikan, sebenarnya Pura Ulun Danu Bratan terdapat pada gambar¬† uang pecahan kertas Lima Puluh ribuan loh ….

Selain melihat Pura dari pinggir Danau Beratan, kita juga bisa memutari danau menggunakan Speedboat yang tersedia ditepi danau. Tetapi untuk bisa mengelilingi Danau Beratan mengunakan Speedboat kita harus terlebih dahulu membeli tiket, karena fasilitas ini belum termasuk dari harga tiket masuk ke kawasan wisata Danau Beratan.

Selanjutnya, kami langsung menaiki Speedboat yang sudah siap mengantar kami terombang – ambing diatas air Danau Beratan yang dingin.

Dengan kapasitas Speedboat untuk lima orang akhirnya Speedboat tersebut jalan dan melaju dengan kecepatan tinggi, hempasan air yang menabrak sisi – sisi bagian perahu membuat kita semakin berdendang, cipratan – cipratan air dari samping perahu menjadikan suasana menjadi semakin dramatisir. Dari tengah danau terlihat juga Resort penginapan yang berada persis di tepian danau.

Memang tempat penginapan tersebut bisa dikatakan sangat begitu privasi dan membuat nyaman untuk tempat beristirahat bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana yang asri.

Setelah sekitar setengah jam kita terombang – ambing diatas Speedboat, kami akhirnya kembali ke dermaga danau, selanjutnya kami tidak lupa mengabadikan momen dengan berfotoria bersama.

Sore Hari,

Kami akhirnya mempersiapkan diri untuk pulang. Dalam perjalanan pemandangan wilayah Bedugul begitu memanjakan mata kita, hijaunya tanaman – tanaman di tepian jalan membuat penghilang lelah kita hari ini.

Kami bersama tidak mengeluh lelah, tidak juga mengeluh cape, atau pula mengeluh lapar. Karena bagi kami semua itu sudah terbayar dengan keindahan panorama yang disuguhi Danau Beratan. Kami juga tidak akan pernah bosan dengan tempat ini, ” Karena keindahan pemberian dari Tuhan begitu tidak ternilai nikmatnya.”