Bukit Doa Minahasa

Share

Minahasa menjadi tujuan pejalanan saya kali ini. Wilayah yang terletak di Utara Sulawesi ini akan memberikan cerita menarik baru pada Trip saya kali ini.

Sekitar kurang lebih tiga jam perjalanan dari Jakarta saya tiba di Manado dan melanjutkkan perjalanan darat arah Tomohon dan Tiba di Kabupaten Minahasa..

Bukit Doa.

Bukit Doa merupakan salah satu tempat yang letaknya di Kabupaten Minahasa, Sekitar dua jam perjalanan dari Manado. Bukit Doa memiliki Monumen yang menjadi simbol Toleransi Agama, yang menjadi simbolis keharmonisan toleransi agama adalah di bagian Bukit Doa terdapat bangunan lima Agama yang berdampingan. Gereja Katolik, Gereja Kristen, Kuil Buddha, Mesjid, dan Candi Hindu yang berada di puncak kedua.

Untuk bisa melihat tempat Ibadah yang ada di atas Bukit Doa kita harus menaiki anak tangga yang menjadi akses utama bisa sampai di atas. Dibagian tengah bukit terdapat asap Belerang yang membuat pernapasan kita susah untuk bernafas, sebaiknya sebelum kita keatas lebih dahulu mepersiapkan stamina supaya kondisi tubuh kita baik.

Sulawesi Utara memiliki semboyan “ Torang Samua Ba’sudara ” yang artinya “ Kita semua bersaudara ” semboyan tersebut menjadi cerminan lokasi ini. Tempat ini juga sudah terkenal hingga mancanegara, Selain itu ini juga salah satu moto Indonesia” Bhineka Tunggal Ikka ”  yang berarti ” Berbeda-beda tapi tetap satu ” yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya kita sebagai bangsa Indonesia tetap dalam kesatuan, terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.